Ritus Perkawinan Tungku Masyarakat Manggarai dalam Kaitan dengan Ketetapan Kitab Hukum Kanonik 1983 tentang Halangan Hubungan Darah dan Kesepakatan Nikah yang Sadar dan Bebas.

TUA, Darmanus Yorda (2021) Ritus Perkawinan Tungku Masyarakat Manggarai dalam Kaitan dengan Ketetapan Kitab Hukum Kanonik 1983 tentang Halangan Hubungan Darah dan Kesepakatan Nikah yang Sadar dan Bebas. Undergraduate thesis, STFK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan: pertama, menjelaskan harapan perkawinan yang ideal yang menjembatani perkawinan katolik dengan tuntutan yuridis kanonis di dalamnya dan perkwainan adat Manggarai dengan segala ritus yang ada di dalamnya. Kedua, untuk mengetahui bagaimana ritus perkawinan tungku dalam masyarakat Manggarai. Ketiga, menjelaskan keabsaan perkawinan Gereja Katolik. Keempat, menjelaskan tentang korelasi kesepakatan perkawinan yang bebas terhadap perkawinan tungku. Metode yang dipakai dalam tulisan ini adalah metode penelitian kwalitatif. Dalam metode ini penulis melakukan studi kepustakaan. Obyek yang diteliti yaitu ruts perkawinan tungku masyarakat Manggarai dalam kaitan dengan ketetapan kitab hukum kanonis 1983. Sumber utama dalam tulisan ini adalah buku-buku, jurnal-jurnal, dan kamus yang memuat tulisan berkaitan dengan judul skripsi ini. Sumber sekunder dalam tulisan ini adalah internet dan wawancara. Teknik pengolaan data dalam skripsi ini berupa Analisa data dari sumber utama dan sember sekunder, setelah ditafsir tanpap menghilangkan makna aslinya. Langkah yang dipakai dalam teknik analisa yaitu: pertama, membacara berulang-ulang sumber-sumber dan mulai menafsikan. Kedua, mencatat data-data atau hal-hal penting yang sesuai dengan judul tulisan ini. Berdasarkan hasil analisis pada fakta-fakta yang ditemukan dalam sumber utama dan sumber sekunder ditemukan bahwa perkawinan dalam kebudayaan Manggarai memiliki berbagai tahapan dengan ritus-ritus yang kaya akan makna-makna tertentu. Perkawinan tungku masyarakat Manggarai berbeda dengan perkawinan Gereja Katolik. Perkawinan Gereja Katolik memiliki aturan-aturan tersendiri yang mengikat umat Katolik yang hendak menikah. Demikian pun perkwainan tungku masyarakat Manggarai memiliki aturan tersendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkawinan Tungku, perkawinan Gereja Katolik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Program Studi Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 12 Jun 2021 00:25
Last Modified: 31 Aug 2021 01:22
URI: http://repository.stfkledalero.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item