Peranan Akuntabilitas Keuangan Paroki Dalam Membangun Gereja Yang Mandiri (Studi Kasus di Paroki Sanctissima Trinitas Bloro dan Paroki Santa Maria Imakulata Lela).

LALU, Yakobus Meo (2021) Peranan Akuntabilitas Keuangan Paroki Dalam Membangun Gereja Yang Mandiri (Studi Kasus di Paroki Sanctissima Trinitas Bloro dan Paroki Santa Maria Imakulata Lela). Undergraduate thesis, STFK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, makna dan praktik peranan akuntabilitas keuangan paroki dalam membangun Gereja mandiri. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui, sekaligus melihat praktik akuntabilitas pengelolaan keuangan di Paroki Sanctissima Trinitas Bloro dan Paroki Santa Maria Imakulata Lela di Keuskupan Maumere. Akan tetapi lebih dari itu, peneliti hendak mengkaji seberapa besar nilai akuntabilitas atau nilai tanggung jawab yang diterapkan dalam pengelolaan keuangan. Hal ini dilakukan sebab Gereja bertanggungjawab untuk mewujudkan nilainilai kejujuran dan keadilan yang melatarbelakangi konsep transparansi dan akuntabilitas. Saat ini Gereja semakin dituntut untuk mengelola uang dan harta benda miliknya secara kredibel: transparan dan akuntabel. Pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dengan informan kunci dan dilengkapi dengan data administratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan laporan keuangan entitas nirlaba di kedua paroki di atas sudah menerapkan prinsip dan tugas akuntabilitas keuangan dengan baik dan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna peranan akuntabilitas keuangan paroki dari kedua paroki adalah sikap sebagai seorang yang diberikan tanggung jawab atau kepercayaan untuk mengemban tugas yang telah dipercayakan mulai dari mencatat sampai pada menyampaikan laporan keuangan kepada umat secara terbuka dan bertanggungjawab. Sedangkan praktik pengelolaan keuangan di kedua paroki sudah berjalan dengan baik dan benar dan juga sudah nampak dan maju dalam aspek pengelolaan keuangan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada persoalan atau permasalahan yang dihadapi oleh kedua paroki tersebut dan diberikan anjuran praktis sebagai bentuk penyokong dalam membangun dan menumbuhkembangkan akuntabilitas keuangan Gereja (paroki) menuju Gereja yang mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Paroki, Keuangan Paroki, PSAK 45 Organisasi Nirlaba
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Program Studi Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 20 May 2021 04:34
Last Modified: 15 Sep 2021 00:56
URI: http://repository.stfkledalero.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item