Tugas Dan Tanggung Jawab Sosial Negara Menurut Pemikiran Etika Politik Franz Magnis Suseno Dan Relevansinya Dalam Konteks Indonesia

NAMPU, Rolandus (2020) Tugas Dan Tanggung Jawab Sosial Negara Menurut Pemikiran Etika Politik Franz Magnis Suseno Dan Relevansinya Dalam Konteks Indonesia. Undergraduate thesis, STFK Ledalero.

[img] Text
ROLANDUS NAMPU (16.75.5960).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Karya ilmiah ini merupakan sebuah upaya penulis untuk mengemukakan tentang tugas dan tanggung jawab sosial negara dalam pemikiran etika politik Franz Magnis Suseno. Etika sebagai cabang dari filsafat, adalah pemikiran kritis tentang moralitas. Etika dibedakan dari moral. Perbedaan antara keduanya terletak pada, etika merupakan sebuah ilmu, sementara moral selalu merujuk pada baik buruknya manusia sebagai manusia. Norma-norma moral menentukan betul salahnya sikap dan tindakan manusia. Sementara itu, etika mengupas tentang pertanyaan mengapa manusia mengikuti ajaran moral tertentu. Magnis merumuskan etika politik sebagai filsafat moral tentang dimensi politis manusia. Ia berfungsi mengupas argumentasi-argumentasi dan pernyataanpernyataan ilmu politik dari segi hakekat dan mempersoalkan pola-pola legitimasi dan tuntutan normatif dasar. Etika politik tidak bertujuan untuk mengkotbahi para politisi, melainkan bagaiamana mengupas pandangan-pandangan dasar tentang harkat kemanusiaan dan keberadaan kehidupan di hadapan kekuasaan. Dia menyangkut erat dimensi hukum dan kekuasaan negara. Untuk itu, dia mempertanyakan apakah suatu hukum tertentu adil dan apakah kekuasaan tertentu legitim? Lebih luas lagi, etika politik menyangkut pertanyaan untuk apa negara ada. Negara menurut Magnis merupakan lembaga pusat yang menjamin kesatuan politis masyarakat. Sebagai pelembagaan dari kedaulatan rakyat, negara memiliki sejumlah kekuasaan juga tugas dan tanggung jawab. Tugas negara meliputi tiga hal pertama, mewujudkan kesejahteraan umum, kedua menjamin penghormatan terhadap martabat manusia dan pemastian terciptanya keadilan hukum. Sementara tanggung jawab sosial negara lebih kepada pemastian keadilan sosial bagi warga negara yang kurang mampu, miskin dan tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Dari hasil penelitian itu, penulis menemukan bahwa pemikiran etika politik Magnis Suseno sangat relevan untuk konteks Indonesia masa kini terutama dalam hal hak-hak asasi manusia, keadilan sosial, hubungan antara negara dan agama serta usaha mewujudkan negara yang demokratis. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan karya ilmiah ini adalah analisis depkriptif kritis. Penulis menggunakan buku Etika Politik Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern karya Franz Magnis Suseno sebagai sumber utama. Keseluruhan karya ilmiah ini berjumlah empat bab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika politik, kekuasaan, negara, keadilan sosial, legitimasi, tugas dan tanggung jawab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 10 Nov 2020 00:49
Last Modified: 04 Oct 2021 05:47
URI: http://repository.stfkledalero.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item