Representasi Makna Denotasi, Konotasi, Dan Mitos Dalam Film The Passion Of The Christ (Analisis Semiotika Roland Barthes)

DE ROZARI, Aloysius M. T. (2021) Representasi Makna Denotasi, Konotasi, Dan Mitos Dalam Film The Passion Of The Christ (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, STFK Ledalero.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Film merupakan sebuah karya sastra dan seni modern yang memuat pesan-pesan tersirat maupun tersurat. Penulis menggunakan semiotika sebagai metode pendekatan guna menelaah makna yang terselubung di balik sebuah film. Penulis menggunakan teori pemikiran semiotika two orders of signification Roland Barthes dan memilih film The Passion of the Christ (2004) karya Mel Gibson sebagai subyek penelitian yang akan dibahas di dalam tulisan ini. Tujuan penulis memilih film ini tidak terlepas dari tanda dan simbol yang sarat akan “makna lain” dan disisipkan dalam bentuk visual (adegan-adegan di dalam film The Passion of the Christ). Obyek penelitian yang dikaji adalah makna denotasi, konotasi, dan mitos dari adegan-adegan dalam film The Passion of the Christ yang berkaitan dengan kisah penderitaan dan kematian Yesus, peran para pemimpin agama Yahudi, imperium Romawi, dan Iblis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada tataran pemaknaan denotatif, The Passion of the Christ merupakan sebuah film yang mengisahkan tentang penderitaan dan kematian Yesus Kristus; (2) pada tataran pemaknaan konotatif, The Passion of the Christ merupakan sebuah film yang bertema religi dalam konteks iman Kristiani, visualisasi kisah Kristus yang diadaptasikan dari Injil, literasi-literasi kuno para kudus, dan konteks historis pada zaman Yesus, yang memuat pesan-pesan mengenai iman, cinta kasih, pertobatan manusia dari dosa dan pengampunan; (3) pada tataran pemaknaan mitos, terdapat empat poin utama yang dibahas antara lain: Kisah Penderitaan, Kematian, dan Kebangkitan Kristus, Otoritas dan Kekuasaan Para Pemimpin Agama Yahudi, Pengadilan Romawi, Hukuman Cambuk, dan Crucifixion (Hukuman Salib), dan Iblis. Kolaborasi antara unsur denotasi, konotasi, dan mitologi dalam setiap adegan (dalam sekuen) film ini melahirkan alur mata rantai yang saling berkaitan satu dengan yang lain sehingga membentuk sebuah alur kisah yang runtut dan tidak terlepas dari konteks iman Kristiani, yakni mengenai kisah penderitaan dan kematian Kristus dalam misi penebusan dosa umat manusia. Peran dari para pemimpin agama Yahudi, imperium Romawi, dan Iblis ternyata memiliki korelasi yang erat dengan kisah penderitaan dan kematian Yesus serta mengandung makna dan pesan terselubung yang tidak terbatas pada konteks iman Kristen saja. Secara khusus, dengan menelusuri makna mitos penulis menginterpretasikan makna terselubung di balik setiap tanda yang disisipkan di dalam film ini antara lain konteks sejarah, situasi politik-sosial-ekonomi-budaya-religius bangsa Israel, kritik sosial, dan sudut pandang iman (eskatologi) Kristen yang berkaitan dengan kisah penderitaan dan kematian Yesus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Roland Barthes, Denotasi, Konotasi, Mitos, Film, The Passion of the Christ, Mel Gibson.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Program Studi Ilmu Filsafat
Depositing User: Mr Fransiskus Xaverius Sabu
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:35
Last Modified: 14 Oct 2021 01:35
URI: http://repository.stfkledalero.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

View Item View Item